Jumat, 11 April 2008

7 RAHASIA KESUKSESAN ROHANI

Bacaan: Amsal 11:30
Setiap orang ingin sukses. Tidak ada seorangpun yang ingin mengalami kegagalan dalam hidupnya. Jika kita bertanya kepada seseorang, “Apakah Anda ingin sukses?” Mereka akan segera menjawab, “tentu saja.” Tetapi jika kita mengajukan pertanyaan lebih lanjut mengenai pengertian sukses, maka akan muncul berbagai definisi. Bahkan ada juga yang tidak mengetahui apa pengertian sukses. Namun demikian, mereka tetap ingin sukses.
Apakah sebenarnya sukses tersebut? Ada yang mengatakan bahwa sukses berarti mencapai tujuan. Bagi sebagian orang, meeka dikatakan sukses,jika berhasil memenangkan sebuagh pertandingan. Bagi orang yang lain, sukses berarti mencapai karir tertinggi. Sementara bagi orang yang lain, sukses berarti meraih gelar tertinggi dalam pendidikan. Singkatnya, orang mengatakan bahwa dia akan sukses, jika memiliki pendidikan yang tinggi, karir yang baik, istri yang cantik dan bai, anak2 yg pintar, rumah mewah, mobil mewah dan sebagainya.
Bagaimanakah pengertian sukses menurut firman Tuhan? Didalam bahasaIbrani, kata suskes disebut sebagai sakal. Kata sakal lebih menekankan pada proses dan bukan sekedar pencapaian tujuan. Proses pencapaian tujuan sangat menentukan keberhasilan seseorang.
Sukses tiak bisa dilepaskan dari kebenaran. Sekalipun seseorang berhasil mencapai tujuannya, tetapi dengan cara yang tidak benar, maka ini bukanlah suatu sukses. Sukses menurut ukuran firman Tuhan tidak dapat dilepaskan dari kebenaran dan kekudusan. Sukses adalah pola hidup, bukan tujuan sesaat. Sukses merupakan pola hidup yang berkenan pada Tuhan.
Bagaimanakah caranya supaya kita bisa meraih sukses? Kita akan membahas tujuh kunci menuju sukses.
1. Iman yang teguh
Kunci sukses yang pertama dan yang utama adalah iman. Tidak ada sukses tanpa iman (Ibrani 11:6). Sukses dimulai dengan iman. Tetapi yang menjadi pertanyaan adalah kepada siapa anda beriman?
Tidak sedikit org yg mengatakan bahwa mereka beriman. Semua agama memang menekankan pentingnya iman. Mereka selalu memposisikan diri sebagai orang-orang yang beriman. Tetapi kepada siapa anda beriman, memberikan makna yang sangat berbeda dalam kehidupan ini.
Jika anda tidak beriman kepada pribadi yang tepat, maka iman anda akan sia2. iman ibarat kunci dari sebuah gembok. Sekalipun anda memiliki banyak kunci, tetapi jika anda tidak memiliki kunci yang tepat untuk gembok tersebut, maka semua kunci yang anda miliki, tidak memiliki arti.
Apakah anda memiliki iman? Apakah anda beriman kepada Yesus Kristus? Ataukah iman anda kepada pribadi yang lain? Tidak sedikit orang yang tidak mau percaya atau beriman kepada Yesus Kristus. Ada banyak alasan, mengapa mereka tidak mau beriman kepada Yesus Kristus. Hal ini sudah terjadi sejak ribuan tahun yang lalu, dan sampai sekarang.
Zaman dahulu, orang sulit beriman kepada Yesus Kristus, karena mereka menggangap bahwa Yesus tidak lebih dari seorang anak tukang kayu. Sementara orang yang lain sulit beriman, karena mereka memandang Yesus tidak lebih sebagai seorang manusia yang mati di antara dua orang penjahat. Dan zaman sekarang ini, berbagai alasan muncul yang menyebabkan mereka sulit memiliki iman pada Yesus Kristus.
Josh billings berkata, “Lebih baik saya mengetahui satu hal yang pasti daripada mengetahui banyak hal yang tidak pasti.” Sekalipun anda mengetahui banyak hal, tetapi tidak pasti, maka anda akan tetap hidup didalam ketidak-pastian. Tetapi jika anda mengetahui satu hal yang pasti, maka anda akan hidup di dalam kepastian.
Satu hal yan pasti adalah bahwa Yesus Kristus datang ke dunia ini untuk menyelamatkan orang yang percaya kepada-Nya. Apakah anda sudah mengetahui hal yang pasti ini? Jika anda sudah mengetahui dan menerima-Nya, maka anda akan hidup di dalam suatu kepastian. Jika anda mengetahui dan menerima Yesus sebagai Allah dan juruselamat anda, maka saat ini anda sedang berjalan kepada suatu kepastian, yaitu kehidupan yang kekal di Surga. Sudahkah anda beriman kepada Yesus?
2. Intim dengan Tuhan
kunci sukses yang kedua adalah intim dengan Tuhan. Kunci sukses yang pertama merupakan permulaan untuk memasuki kunci sukses yang kedua. Beriman kepada Yesus Kristus merupakan awal petualangan hidup anda.
Setelah anda menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan juruslamat pribadi, maka anda harus membangun hubungan yang baik dengan Allah. Setiap hari kita harus bergaul dengan Allah. Bergaul setiap hari akan menciptakan keintiman bersama Allah.
Kita tidak mungkin intim dengan seseorang, jika kita jarang bertemu dengannya. Kita tidak mungkin intim dengan seseorang, jika kita jarang bersama-sama dengan mereka. Keintiman, merupakan hasil dari sebuah proses. Kebersamaan, keterbukaan, akan menolong kita untuk intim dengan Tuhan.
Jika anda memiliki hubungan yang intim dengan Tuhan, maka anda akan memasuki proses atau kunci sukses yang ketiga.
3. Mengembangkan kebiasaan baik
Kunci sukses yang ketiga adalah mengembangkan kebiasaan baik. Kebiasaan baik merupakan hasil dari hubungan yang intim dengan Tuhan. Anda tidak mungkin intim dengan Tuhan, jika kebiasaan buruk anda terus anda pelihara. Allah juga tidak akan membiarkan anda apa adanya, jika kita bergaul baik dengan Allah. Allah akan berbuat sesuatu untuk mengubah kehidupan anda, karena anda telah bergaul dengan-Nya.
Untuk mendiagnosa, apakah anda sedang menuju sukses adalah dengan menjawab pertanyaan berikut ini: perbedaan apa yang anda rasakan antara tahun ini dengan tahun lalu? Apa saja kebiasaan buruk anda pada thun yang lalu, yang telah anda tinggalkan? Berapa banyak kebiasaan buruk pada tahun lalu yang masih tetap anda pelihara? Kebiasaan baik apa yang berkembang dalam kehidupan anda saat ini? Jika tidak ada kebiasaan baik yang anda kembangkan dalam tahun ini, maka kemungkinan besar anda telah gagal. Jika kebiasaan2 buruk anda pada tahun yang lalu masih tetap melekat dalam kehidupan anda saat ini , maka kemungkinan besar anda sedang menuju kehancuran.
4. Menjalin Persahabatan.
Kunci sukses yang keempat adalah menjalin persahabatan. Kita harus ingat bahwa kta tidak mungkin hidup menyendiri di dunia ini. Kita membutuhkan orang2 untuk sukses. Anda tidak mungkin sukses tanpa bantuan orang lain.
Apakah persahabatan itu? Seorang sahabat adalah seseorang yang dapat melipat gandakan sukacita serta mengurangi dukacita kita. Seorang sahabat adalah orang yang dapat memahami kita pada saat kita berdiam diri. Seorang sahabat adalah seseorang yang masih tetap bersama kita pada saat semua orang menjauh.
Ketika anda menjalin persahabatan, tujuan utamanya adalah bukan apa yang anda dapatkan, tetapi apa yang anda dapat berikan. Kesuksesan anda tidak ditentukan berapa banyak yang anda miliki, tetapi berapa banyak yang dapat anda berikan. Kesuksesan anda ditentukan oleh seberapa banyak anda telah menjadi berkat bagi orang lain.
Melalui persahabatan anda juga akan bertumbuh. Sahabat merupakan orang2 yang paling objektif terhadap kita. Sahabat merupakan orang2 yang jujur terhadap kita. Mereka akan menegur kesalahan kita, serta menolong kita untuk memperbaiki diri. Sahabat akan menolong kita untuk meraih sukses.
5. Mengatasi Pencobaan.
Kunci sukses yang kelima adalah kemampuan mengatasi pencobaan. Setiap hari kita selalu diperhadapkan dengan pencobaan. Ketika kita berbicara tentang pencobaan, kita sering menganggap bahwa pencobaan merupakan hal yang menyedihkan. Ketika seseorang di phk kita mengatakan bahwa dia sedang menghadapi pencobaan. Ketika seseorang sedang putus cinta, kita mengatakan bahwa dia sedang menghadapi pencobaan. Padahal, pencobaan yang paling sulit kita hindari adalah pencobaan yang menyenangkan hati kita.
Kita sering tergoda oleh uang, tergoda kekuasaan, tergoda dengan posisi, tergoda dengan ketamakan, tergoda dengan sex, dan sebagainya. Ini semuanya merupakan pencobaan. Penulis terkenal dari inggris, oscar wilde suatu kali berkata, “saya dapat menolak segala hal, kecuali pencobaan.” Ucapan oscar wilde merupakan pernyataan yang sangat gambling mengenai sulitnya menghadapi pencobaan. Jika kita tidak waspada, kita bisa hanyut dalam arus pencobaan.
Mengatasi pencobaan tidaklah mudah. Tetapi kita tidak mungkin meraih sukses, jika kita tidak dapat mengatasi pencobaan. Ada tiga hal yang dapat menolong anda dalam mengatasi pencobaan:
1.kenalilah kelemahan anda. Jika anda mengetahui kelemahan anda, maka anda akan berhati-hati dalam kelemahan tersebut.
2.hindari situasi dan orang2 yang menjadi sumber pencobaan. Cara yang paling mudah untuk mengatasi pencobaan adalah dengan menghindar.
3.selalu memohon hikmat dan kekuatan dari Tuhan.
6. Bangkitlah.
Kunci sukses yang keenam adalah bangkit. Tidak ada orang yang selalu berhasil. Kita pasti pernah mengalami kegagalan. Tetapi jika anda jatuh, segeralah bangkit. Mungkin ada orang yang mau menolong anda untuk bangkit, tetapi anda akan benar2 bangkit, jika anda sendiri mau bangkit.
Kita bisa saja jatuh dalam dosa, tetapi janganlah hidup dalam dosa. Jangan biarkan diri anda terlena dalam dosa. Segeralah bangkit.

7. Arahkan Mata Pada Tujuan.
Kunci sukses yang ketujuh adalah dengan tetap mengarahkan pandangan kita pada tujuan hidup.
Apapun yang terjadi arahkan pandangan anda pada tujuan hidup anda (1 Kor 9:26; Fil 3:14)
Arahkan pandangan anda, dan tetap berjalan pada tujuan anda. Kita hidup dalam dunia ini untuk satu tujuan yang pasti. Dan di tempat tujuan tersebut, tangan Allah telah terbuka menanti kedatangan anda

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar