Selasa, 14 Juni 2011

Interpersonal Skills (Keterampilan Antarpribadi)



Definisi Interpersonal Skills  (Keterampilan Interpersonal)
Keterampilan interpersonal didefinisikan sebagai keterampilan untuk mengenali dan merespon secara layak perasaan, sikap dan perilaku, motivasi serta keinginan orang lain. Bagaimana diri kita mampu membangun hubungan yang harmonis dengan memahami dan merespon manusia atau orang lain merupakan bagian dari keterampilan interpersonal.
Keterampilan interpersonal bukan merupakan bagian dari karakter kepribadian yang bersifat bawaan, melainkan merupakan ketrampilan yang bisa dipelajari. Keterampilan interpersonal yang baik dapat dibangun antara lain dari kemampuan mengembangkan perilaku dan komunikasi. Keterampilan interpersonal merupakan keterampilan seseorang untuk berinteraksi dengan orang lain. keterampilan interpersonal yang kadang-kadang juga disebut sebagai keterampilan orang atau kemampuan komunikasi. Keterampilan interpersonal melibatkan menggunakan keterampilan seperti mendengarkan aktif  dan nada suara, mereka termasuk delegasi dan kepemimpinan. Ini adalah seberapa baik Anda berkomunikasi dengan seseorang dan seberapa baik Anda bersikap atau membawa diri juga mereka membantu orang lebih lanjut karir mereka.
Untuk membangun hubungan dengan orang lain, terlebih dahulu,  kita harus menguasai kemampuan dan keterampilan dalam mengenal diri sendiri,  kemudian baru  keterampilan dalam mengenal orang lain, keterampilan untuk mengekspre sikan diri se cara jelas, bagaimana merespon, bagaimana menyampaikan pesan dan maksud, bagaimana bernegosiasi dan menyelesaikan konflik, bagaimana berperan dalam tim, dan banyak lagi.
Keterampilan interpersonal melihat mental dan komunikatif algoritma diterapkan selama sosial komunikasi dan interaksi untuk mencapai efek-efek tertentu atau hasil. Istilah "interpersonal skill" yang sering digunakan dalam konteks bisnis untuk merujuk pada ukuran seseorang kemampuan untuk beroperasi dalam bisnis organisasi melalui komunikasi dan interaksi sosial. Keterampilan interpersonal adalah bagaimana orang berhubungan satu sama lain.
Sebagai ilustrasi, umumnya dipahami bahwa berkomunikasi menghormati orang lain atau profesional dalam akan memungkinkan satu untuk mengurangi konflik dan meningkatkan partisipasi atau bantuan dalam memperoleh informasi atau menyelesaikan tugas. Misalnya, untuk mengganggu seseorang yang sedang sibuk dengan tugas untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan segera, disarankan bahwa penggunaan profesional pendekatan hormat dengan bahasa seperti, "Maaf, apakah Anda sibuk? Aku punya masalah mendesak untuk mendiskusikan dengan Anda jika Anda memiliki waktu saat ini. " Hal ini memungkinkan penerima profesional untuk membuat penilaian sendiri tentang pentingnya tugas mereka saat ini versus memasuki diskusi dengan rekan mereka. Meskipun umumnya dipahami bahwa menyela seseorang dengan permintaan "mendesak" akan sering mengambil prioritas, yang memungkinkan penerima pesan ke hakim independen permintaan tersebut dan setuju untuk interaksi lebih lanjut kemungkinan akan menghasilkan interaksi kualitas yang lebih tinggi. Berikut ini jenis heuristik untuk mencapai hasil yang profesional yang lebih baik umumnya menghasilkan profesional yang digolongkan sebagai satu dengan 'keterampilan interpersonal yang baik." Seringkali evaluasi ini terjadi dalam pengaturan formal dan informal.
Memiliki kemampuan interpersonal yang positif akan meningkatkan produktivitas dalam organisasi karena jumlah konflik berkurang. Dalam situasi informal, memungkinkan komunikasi menjadi mudah dan nyaman. Orang dengan kemampuan interpersonal yang baik umumnya dapat mengendalikan perasaan yang muncul dalam situasi sulit dan jawaban yang benar, bukannya kewalahan oleh emosi.
Setiap manusia berfungsi dengan baik dalam berkomunikasi dengan masyarakat dimana bahwa setiap individu mampu memperoleh keterampilan interpersonal yang efektif.
Respect:
Mungkin yang paling penting dari keterampilan interpersonal adalah kemampuan untuk menunjukkan rasa hormat kepada semua orang kontak dengan Anda. Dengan menunjukkan rasa hormat bukan suatu keterampilan yang mudah untuk latihan setiap saat, terutama jika terjadi perselisihan antara sekelompok orang. Dengan demikian perlu dan pentingnya menghormati yang diajarkan semenjak usia dini, sehingga ketika anak menjadi dewasa ini telah menjadi ciri karakter alam.
Listening:
keterampilan interpersonal dengan kokoh berakar di atas dasar yang mampu mendengarkan secara efektif. Mendengarkan adalah kunci untuk memahami apa yang orang berikutnya adalah berpikir, melainkan ditunjukkan dengan ucapan mereka sehingga satu-satunya hal yang diperlukan untuk memahaminya adalah mendengarkan dengan baik dan berpikir tentang apa yang mereka ucapkan.
Berbicara:
Seseorang berkomunikasi dengan berbicara satu sama lain. Ini adalah bentuk utama komunikasi yang dipelajari secara otomatis oleh kebanyakan orang mulai sejak bayi. Menguasai suatu bahasa tidak selalu berarti seseorang yang telah menguasai seni berbicara dalam hal keterampilan interpersonal yang efektif. Berbicara adalah keterampilan yang harus dilaksanakan sehubungan dengan mendengarkan dan hormat, antara kemampuan interpersonal lainnya, agar untuk menjadi keahlian interpersonal yang efektif.
Apa itu empati?
Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk menempatkan dirinya dalam situasi yang berbeda individu. Empati adalah sesuatu yang dilahirkan bersama kita, hal tersebut adalah alasan untuk merasakan kurang baik atau tidak nyaman ketika orang lain menangis di depan kita, tetapi banyak orang tidak bisa benar-benar berempati. Hal ini mungkin karena masyarakat yang ingin hidup serba cepat, dari usia muda kita diajarkan untuk memelihara kepentingan kita sendiri dan kita lupa bahwa kita tidak sendirian di dunia ini. Empati adalah keahlian interpersonal yang penting yang harus diajarkan kepada orang-orang semenjak usia yang sangat dini.
Simpati:
Meskipun penting untuk dapat berempati, simpati adalah keterampilan yang tidak menguntungkan setiap saat. Oleh karena itu penting untuk mengembangkan rasa simpati yang mendalam untuk mengetahui kapan perlu latihan.
Isi Pembicaraan:
Berbicara menggunakan mulut kita bukanlah keterampilan interpersonal yang mudah untuk menguasai komunikasi non verbal, mungkin adalah keterampilan yang paling sulit bahkan untuk memperolehnya. Dari gerak postur tubuh kita dalam cara menggerakkan tangan dan kaki, segala sesuatu tentang  bagaimana mengkomunikasikan tubuh Anda akan memainkan peranan penting dalam keterampilan interpersonal.
Penghindaran Konflik:
Bentuk terbaik resolusi konflik adalah penghindaran konflik, yang berarti mencegah konflik dari yang terjadi di tempat pertama. Ini tidak berarti, bahwa perilaku penghindaran yang introvert itu harus dilakukan. Sebaliknya, introvert memungkinkan dirinya untuk menjadi korban konflik dengan mencoba untuk menghindari konfrontasi ketika ia dianiaya, dan ini tidak menghindari konflik. Untuk secara efektif menghindari konflik, salah satu harus terbuka dan jujur ​​dengan tetap mempertahankan tingkat tinggi untuk menghormati sesama individu, sehingga menghindari salah tafsir, kesalahpahaman dan kesimpulan palsu, yang semuanya penyebab paling umum dari konflik.
Bagaimana untuk mengembangkan keterampilan interpersonal ?
Sebagai petunjuk untuk melakukan keterampilan interpersonal perhatikan 4 perihal di bawah ini:
1.     Komunikasi Efektif
a.      Mengakui bahwa orang ingin Anda mendengarkan mereka. Mereka ingin kesopanan ini lebih dari perjanjian dengan mereka.
b.     Dengarkan diri Anda mulai berkomunikasi. Pastikan bahwa Anda memahami apa yang dikomunikasikan kepada Anda dengan mengulangi apa yang dikatakan dalam kata-kata Anda sendiri. Menanggapi daripada bereaksi karena hal ini akan memungkinkan Anda untuk mengatasi situasi dengan cara yang positif.
c.      Meningkatkan cara Anda mendengarkan. Fokus memahami kata-kata yang menjadi kata daripada berpikir tentang tanggapan Anda. Jangan berbicara sampai anda benar-benar memahami bahwa kata-kata yang hanya diucapkan.
d.     Ringkaskan pemahaman Anda mengenai komunikasi. Mengklarifikasi pertanyaan dengan orang lain.
2.     Komunikasi asertif
a.      Langsung pesan Anda hanya kepada orang yang Anda berniat untuk berkomunikasi dengan. Menyampaikan pesan Anda ke orang saja.
b.     Katakanlah apa yang Anda pikirkan dan rasakan. Be sebagai yang jelas dan spesifik mungkin saat Anda menyatakan apa yang Anda inginkan.
c.      Mendorong orang lain untuk memberikan umpan balik. Minta mereka untuk lebih spesifik dan jelas. Keterampilan interpersonal membantu orang lain untuk memahami bahwa Anda mengekspresikan pendapat atau perasaan Anda, bukan menuntut.
3.     Resolusi Konflik
a.      Tanyakan pada diri sendiri bagaimana konflik mempengaruhi Anda dan mengapa penting. Jawaban ini akan menentukan apa yang Anda akan mengatakan selama konfrontasi.
b.     Pertahankan sikap positif dan tanamkan niat yang positif. Selalu termasuk pihak lain.
c.      Diskusikan masalah, memberikan waktu kepada pihak lain untuk berbicara. Mempekerjakan baik komunikasi dan keterampilan mendengarkan. Menghormati kebutuhan pihak lain.
d.     Pertimbangkan solusi alternatif terhadap masalah yang dihadapi. Pilih solusi yang menguntungkan kedua belah pihak . Pastikan bahwa solusi adil dan spesifik.
e.      Rencana tindak lanjut evaluasi solusi. Anda ingin memastikan bahwa solusi bekerja untuk kepuasan semua pihak.
4.     Manajemen Kemarahan
a.      Menjadi lebih selaras dengan perasaan Anda. Belajarlah untuk mengakui kemarahan seperti itu terjadi.
b.     Hindari menyesatkan kemarahan Anda terhadap orang lain yang tidak menyebabkan Anda untuk marah. Berhati-hatilah jika penyebabnya adalah dari seseorang, sesuatu atau dalam diri Anda.
c.      Diffuse kemarahan Anda dengan terlebih dahulu mengambil napas dalam-dalam. Berjalan kaki dari situasi itu sampai Anda sudah perubahan ke tenang.
d.     Ekspresikan diri Anda bertanggung jawab dan tepat kepada orang yang menyebabkan Anda untuk marah. Membantu orang untuk memahami mengapa perilaku mereka yang menyebabkan anda untuk bereaksi dengan marah. Jangan menuduh orang lain. Alih-alih menggunakan "Aku pernyataan" untuk mengekspresikan diri dalam cara yang tidak mengancam.
e.      Berpartisipasi dalam kegiatan sehari-hari yang membantu Anda untuk berurusan dengan kemarahan. Cobalah berolahraga dan mediasi.
Ada 4 karakter dasar yang telah ditemukan oleh Hipocrates 400 tahun SM yang perlu kita ketahui agar bisa memahami dan mengendalikan bagaimana interaksi keterampilan interpersonal berjalan dengan efektif, antara lain:
1.        Kepribadian Sanguis (Sanguis yang Populer):
Kemampuan orang Sanguinis yang Populer untuk melangsungkan percakapan yang mengasyikkan apakah mengenai sesuatu merupakan segi plus yang membuat iri hati orang lain; tetapi kalau dibawa sampai ke ujung yang ekstrim orang Sanguinis yang Populer bicara terus-menerus, memonopoli, menyela, dan menyimpang terlalu jauh dari kebenaran.
Bergaul dengan orang sanguin ini sebenarnya menyenangkan, jika dia bercerita dia bisa menggambarkan sesuatu dengan baik, sehingga pikiran kita diajak untuk merangkai katanya-katanya seperti sebuah film di kepala kita, saking bagusnya penggambaran ceritanya.



KEPRIBADIAN SANGUINIS POPULER
Ekstrovert. Pembicara. Optimistik.
Kekuatan
Kelemahan
1.    EMOSI  SANGUINIS POPULER
·       Kepribadian yang menarik
·       Suka bicara
·       Menghidupkan pesta
·       Rasa humor yang hebat
·       Ingatan kuat untuk warna
·       Memukau pendengar
·       Emosional dan demonstratif
·       Antusias dan ekspresif
·       Periang dan penuh semangat
·       Penuh rasa ingin tahu
·       Baik di panggung
·       Lugu dan polos
·       Hidup di masa sekarang
·       Mudah diubah
·       Tulus
·       Kekanak-kanakan
2.   SANGUINIS POPULER SEBAGAI ORANG TUA
·       Membuat rumah menyenangkan
·       Disukai teman anak-anak
·       Mengubah bencana menjadi humor
·       Merupakan pemimpin sirkus
3.   SANGUINIS POPULER DI PEKERJAAN
·       Sukarelawan untuk tugas
·       Memikirkan kegiatan baru
·       Tampak hebat di permukaan
·       Kreatif dan inovatif
·       Punya energi dan antusiasme
·       Mulai dengan cara cemerlang
·       Mengilhami orang lain untuk ikut
·       Mempesona orang lain untuk bekerja
4.   SANGUINIS POPULER SEBAGAI TEMAN
·       Mudah berteman
·       Mencintai orang
·       Suka dipuji
·       Tampak menyenangkan
·       Dicemburui orang lain
·       Bukan pendendam
·       Cepat minta maaf
·       Mencegah saat membosankan
·       Suka kegiatan spontan
·       Suara dan tertawa yang keras (terlalu keras)
·       Membesar-besarkan suatu hal / kejadian
·       Susah untuk diam
·       Mudah ikut-ikutan atau dikendalikan oleh keadaan atau orang lain (suka nge-Gank)
·       Sering minta persetujuan, termasuk hal-hal yang sepele
·       RKP! (Rentang Konsentrasi Pendek)
·       Dalam bekerja lebih suka bicara dan melupakan kewajiban (awalnya saja antusias)
·       Mudah berubah-ubah
·       Susah datang tepat waktu jam kantor
·       Prioritas kegiatan kacau
·       Mendominasi percakapan, suka menyela dan susah mendengarkan dengan tuntas
·       Sering mengambil permasalahan orang lain, menjadi seolah-olah masalahnya
·       Egoistis
·       Sering berdalih dan mengulangi cerita-cerita yg sama

2.        Kepribadian Melankolis (Melankolis yang Sempurna):
Pemikiran analitis yang mendalam dari orang Melankolis yang Sempurna merupakan ciri khas yang jenius, banyak dihormati oleh mereka yang pikirannya lebih dangkal, walaupun demikian kalau dibawa sampai ke titik ekstrim, dia jadi menyebabkan kemurungan dan menekan perasaan.
Kadangkala bergaul dengan orang melankolis menimbulkan kebosanan dalam diri kita, semuanya serba teratur dan teliti, segala sesuatu dikerjakan dengan langkah-langkah yang jelas dan terstruktur. Kalau lama dalam proses pengerjaan bukan karena malas tetapi karena hasilnya harus sempurna. Ciri-ciri kalau kita bertemu dengan orang Melankolis ini biasanya dilihat dari kamar tidur/kantornya, semuanya serba rapi, tertib dan terpola (keculai kalau punya asisten/istri yang siap membereskan arisip-arsip yang berantakan).
Dan orang Melankolis ini susah sekali diyakinkan, perlu data-data otentik yang mendukung argumentasi kita. Dan secara ektrik dalam hal keuangan orang Melankolis cenderung (sory lho.. dalam titik extrim) pelit , tapi untuk mengenai hasil pekerjaan, Orang Melankolis jagonya. Sangat pandai mengorganisasi sesuatu.
KEPRIBADIAN MELANKOLIS SEMPURNA
Introvert. Pemikir. Pesimis
Kekuatan
Kelemahan
1.    EMOSI MELANKOLIS SEMPURNA
·       Mendalam dan penuh pikiran
·       Analitis
·       Serius dan tekun
·       Cenderung jenius
·       Berbakat dan kreatif
·       Artistik atau musikal
·       Filosofis dan puitis
·       Menghargai keindahan
·       Perasa terhadap orang lain
·       Suka berkorban
·       Penuh kesadaran
·       Idealis
2.    MELANKOLIS SEMPURNA SEBAGAI ORANGTUA
·       Menetapkan standar tinggi
·       Ingin segalanya dilakukan  dengan benar
·       Merapikan barang anak-anak
·       Mengorbankan keinginan sendiri untuk orang lain
·       Mendorong intelegensi dan bakat
3.    MELANKOLIS SEMPURNA DI PEKERJAAN
·       Beroriantasi jadwal
·       Perfeksionis, standar tinggi
·       Sadar rincian
·       Gigih dan cermat
·       Tertib dan terorganisasi
·       Teratur dan rapi
·       Ekonomis
·       Melihat masalah
·       Mendapat pemecahan kreatif
·       Perlu menyelesaikan apa yang dimulai
·       Suka diagram, grafik, bagan, daftar
4.     MELANKOLIS SEMPURNA SEBAGAI TEMAN
·       Hati-hati dalam berteman
·       Puas tinggal di latar belakang
·       Menghindari perhatian
·       Setia dan berbakti
·       Mau mendengarkan keluhan
·       Bisa memecahkan masalah orang lain
·       Sangat memperhatikan orang lain
·       Terharu oleh  air mata penuh belas kasihan
·       Mencari teman hidup ideal
·       Cenderung melihat masalah dari sisi negatif (murung dan tertekan)
·       Mengingat yang negatif & pendendam
·       Mudah merasa bersalah dan memiliki citra diri rendah
·       Lebih menekankan pada cara daripada tercapainya tujuan
·       Tertekan pada situasi yg tidak sempurna dan berubah-ubah
·       Melewatkan banyak waktu untuk menganalisa dan merencanakan (if..if..if..)
·       Standar yang terlalu tinggi sehingga sulit disenangkan
·       Hidup berdasarkan definisi
·       Sulit bersosialisasi
·       Tukang kritik, tetapi sensitif terhadap kritik/ yg menentang dirinya
·       Sulit mengungkapkan perasaan (cenderung menahan kasih sayang)
·       Rasa curiga yg besar (skeptis terhadap pujian)
·       Memerlukan persetujuan

3.        Kepribadian Koleris (Koleris Kuat):
Bakat orang Koleris yang Kuat untuk kepemimpinan yang cepat dan tajam sangat diperlukan dalam setiap tahap kehidupan pada zaman sekarang; tetapi kalau dibawa sampai titik esktrim, orang Koleris yang Kuat jadi sok berkuasa, mendominasi, dan manipulatif. Setiap pemimpin mempunyai sifat ini, tegas, lugas, dan salah satu untuk mengenai ciri-ciri kepribadian ini adalah selalu ingin di depan tidak mau kalah dengan orang lain. Secara extrim, orang dengan kepribadian ini menjadi orang yang diktaktor, selalu tampul dominan dan tidak mau dibawah orang lain, penginnya sellau diatas dalam segala hal. Orang dengan kepribadian Koleris sangat mahir Untuk urusan mengorganisir banyak orang dengan sifatnya yang tegas.
KEPRIBADIAN KOLERIS KUAT
Ekstrovert. Pelaku. Optimis
Kekuatan
Kelemahan
1.   EMOSI KOLERIS KUAT
·       Berbakat memimpin
·       Dinamis dan aktif
·       Sangat memerlukan perubahan
·       Harus memperbaiki kesalahan
·       Berkemauan kuat dan tegas
·       Tidak emosional bertindak
·       Tidak mudah patah  semangat
·       Bebas  dan mandiri
·       Memancarkan keyakinan
·       Bisa menjalankan apa saja
2.   KOLERIS KUAT SEBAGAI ORANG TUA
·       Memberikan kepeminpinan kuat
·       Menetapkan tujuan
·       Memotivasi keluarga untuk kelompok
·       Tahu jawaban yang benar
·       Mengorganisasi rumah tangga
3.   KOLERIS KUAT DI PEKERJAAN
·       Berorientasi target
·       Melihat seluruh gambaran
·       Terorganisasi dengan baik
·       Mencari pemecahan praktis
·       Bergerak cepat untuk bertindak
·       Mendelegasikan pekerjaan
·       Menekankan pada hasil
·       Membuat target
·       Merangsang kegiatan
·       Berkembang karena saingan
4.   KOLERIS KUAT SEBAGAI TEMAN
·       Tidak terlalu perlu teman
·       Mau bekerja untuk kegiatan
·       Mau memimpin dan mengorganisasi
·       Biasanya selalu benar
·       Unggul dalam keadaan darurat
·       Tidak sabar dan cepat marah (kasar dan tidak taktis)
·       Senang memerintah
·       Terlalu bergairah dan tidak/susah untuk santai
·       Menyukai kontroversi dan pertengkaran
·       Terlalu kaku dan kuat/ keras
·       Tidak menyukai air mata dan emosi tidak simpatik
·       Tidak suka yang sepele dan bertele-tele / terlalu rinci
·       Sering membuat keputusan tergesa-gesa
·       Memanipulasi dan menuntut orang lain, cenderung memperalat orang lain
·       Menghalalkan segala cara demi tercapainya tujuan
·       Workaholics (kerja adalah “tuhan”-nya)
·       Amat sulit mengaku salah dan meminta maaf
·       Mungkin selalu benar tetapi tidak populer

4.        Kepribadian Phlegmatis (Phlegmatis Damai) :
Sifat orang Phlegmatis Damai yang mudah bergaul merupakan perpaduan yang mengagumkan dan menjadikannya orang yang paling disukai dalam kelompok mana saja; namun kalau dibawa sampai ke titik ekstrim, orang Phlegmatis yang Damai tidak peduli melakukan apa pun, masa bodoh, dan tidak punya kepastian.
Ciri-cirinya yang mudah dilihat adalah tidak mempunyai sikap yang jelas dalam mengambil keputusan, tidak mau secara tegas memihak sesuatu yang belum diketahuinya, cenderung damai dan tidak mau berkonfrontasi secara langsung dengan orang lain. Terkadang orang Phlegmatis memang harus didikte untuk mengerjakan sesuatu (secara extrim), biasanya orang phlegmatis kurang mahir untuk urusan-urusan yang detail, seperti yang paling sederhana merapikan kamarnya , tetapi seorang Phlegmatis bisa menjadi peloby yang ulung dan bis diandalkan untuk urusan berhubungan atau berkomunikasi dengan orang lain, karena sifatnya yang kalem dan tenang.
KEPRIBADIAN PHLEGMATIS DAMAI
Introvert. Pengamat. Pesimis
Kekuatan
Kelemahan
1.    EMOSI PHLEGMATIS DAMAI
·       Kepribadian rendah hati
·       Mudah bergaul dan santai
·       Diam, tenang dan mampu
·       Sabar, baik keseimbangannya
·       Hidup konsisten
·       Tenang tetapi cerdas
·       Simpatik dan baik hati
·       Menyembunyikan emosi
·       Bahagia menerima kehidupan
·       Serba guna
2.    PHLEGMATIS DAMAI  SEBAGAI ORANG TUA
·       Menjadi orang tua yang baik
·       Menyediakan waktu bagi anak-anak
·       Tidak tergesa-gesa
·       Bisa mengambil yang baik dari yang buruk
·       Tidak mudah marah
3.    PHLEGMATIS DAMAI  DI PEKERJAAN
·       Cakap dan mantap
·       Damai dan mudah sepakat
·       Punya kemampuan administratif
·       Menjadi penengah masalah
·       Menghindari konflik
·       Baik di bawah tekanan
·       Menemukan cara yang mudah
4.    PHLEGMATIS DAMAI SEBAGAI TEMAN
·       Mudah diajak bergaul
·       Menyenangkan
·       Tidak suka menyinggung
·       Pendengar yang baik
·       Selera humor yang menggigit
·       Suka mengawasi orang
·       Punya banyak teman
·       Punya belas kasihan dan perhatian
·       Kurang antusias, terutama terhadap perubahan/ kegiatan baru
·       Takut dan khawatir
·       Menghindari konflik dan tanggung jawab
·       Keras kepala, sulit kompromi (karena merasa benar)
·       Terlalu pemalu dan pendiam
·       Humor kering dan mengejek (Sarkatis)
·       Kurang berorientasi pada tujuan
·       Sulit bergerak dan kurang memotivasi diri
·       Lebih suka sebagai penonton daripada terlibat
·       Tidak senang didesak-desak
·       Menunda-nunda / menggantungkan masalah

Kepribadian Campuran dari Kepribadian Dasar
Keempat tipe kepribadian tersebut, menurut Littauer, juga bisa bercampur dalam diri seseorang. Littauer membedakannya menjadi empat: campuran alami, campuran pelengkap, campuran yang berlawanan, dan sedikit-sedikit dari segalanya. Campuran alami adalah Sanguinis Koleris dan Melankolis Phlegmatis. Campuran pelengkap yang berorientasi hubungan adalah Sanguinis Phlegmatis Campuran pelengkap yang berorientasi tujuan adalah Koleris Melankolis Campuran berlawanan dianggap sebagai pertikaian batin yaitu:
Sanguinis Melankolis dan Koleris Phlegmatis.
Sedangkan yang mempunyai sedikit dari segalanya, dengan asumsi sudah mengikuti tes kepribadian dengan benar, dianggap mungkin Phlegmatis, mungkin orang sempurna, atau mungkin orang yang masa kecilnya terlalu diarahkan, dikontrol, dan ditindas sehingga tidak mengenali diri sendiri.



Kretchmer membagi tipe-tipe manusia dikelompokkan atas dasar keadaan jasmani dan temperamennya. Penggolongan tipe-tipe manusia atas dasar tempramennya tersebut yaitu:
1.     Tipe Kholerik.
Tipe ini dipengaruhi oleh empedu kuning (chole), sifat-sifat khasnya: mudah marah, keras, besar semangatnya, optimis, dan daya juang besar.
2.     Tipe Melankolik.
Terbentuknya tipe ini dipengaruhi oleh empedu hitam (melanchole), dimana sifat-sifat khasnya (kepribadiannya), Mudah kecewa, daya juang kecil, pemurung (muram),dan pesimis.
3.     Tipe Plekmatis.
Tipe ini dipengaruhi cairan lendir (phlegma), kepribadiannya atau penampilannya tenang, lamban, tidak mudah dipengaruhi, dan setia.
4.     Tipe Sanguinis
Tipe ini dipengaruhi oleh darah (sanguis), dimana sifat-sifat khasnya: ramah, mudah berganti haluan, lekas bertindak tapi juga lekas berhenti.

Referensi:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar